Cerita Motivasi - Tiga Pertanyaan Penyaringan


http://bimodanayu.com/images/story/2011/2011-4-full.jpg

Dahulu di Yunani, Socrates seorang ahli pilisofi terkenal sangat menghargai ilmu pengetahuan. Suatu hari Socrates bertemu kenalannya. Kenalannya berkata " Apakah anda tau apa yang saya dengar mengenau teman anda?

"Tunggu sebentar" jawab Socrates, " Sebelum anda mengatakan hal mengenai teman saya kepada saya, sebaiknya saya melihat apa yang anda katakan dengan lebih seksama. Melalui tiga pertanyaan ", "Pertama kebenaran, Apakah yang akan anda katakan mengenai teman saya, anda sudah yakin akan kebenarannya?"

"Tidak terlalu," jawab pria itu" karena sebenarnya saya hanya mendengarnya saja dan"

"Baiklah" Jawab Socrates, "Jadi anda tidak benar - benar tahu akan kebenaran cerita yang akan anda katakan kepada saya mengenai teman saya? Lalu, apakah yang akan anda ceritakan itu adalah hal yang baik mengenai teman saya?"

"Tidak, itu adalah hal yang kurang baik" Jawab pria itu.

"Oh.. begitu?" Socrates berkata sambil mengangguk -aguk kecil,  "Anda bermaksud menceritakan hal yang tidak baik mengenai teman saya, disamping itu anda tidak tahu pasti kebenarannya?, Tapi baiklah, cerita anda bisa saja tidak perlu saya abaikan setelah anda menjawab pertanyaan saya yang ketiga" Kata Socrates. " Apakah menurut anda cerita tersebut berguna untuk saya?"

"Tidak terlalu" Jawab Pria itu.

"Ok, Baiklah" Jawab Socrates sambil tersenyum, " Melihat jawaban anda tadi, Bahwa anda tidak tahu persis akan kebenaran cerita itu, kemudian itu adalah hal yang tidak baik, dan juga tidak berguna bagi saya, maka sebaiknya  anda tidak perlu menyampaikannya kepada saya". " Mungkin kita bisa membicarakan hal yang lain" Socrates mengakhiri ucapannya cengan senyuman.




Sumber :
http://www.thelivingtreasure.com/forum/forum/forum_posts.asp?TID=1681

Sumber gambar : http://bimodanayu.com/images/story/2011/2011-4-full.jpg


EmoticonEmoticon