Cerita Motivasi - Masalah dan Reaksi

Seorang ayah tengah duduk di kursi teras rumahnya, dia sudah tua, namun di wajahnya memancarkan cahaya ketenangan dan ke damaian yang amat kuat. Anak perempuannya datang, orang tua itu menyambut kedatangan anaknya dengan senyum dan pelukan yang lembut. Anaknya yang sudah beranjak dewasa, kemudian duduk di sampingnya dengan wajah yang kelihatan murung.
Ayahnya menanyakan " Anakku, kenapa wajahmu kelihatan begitu murung? ", Air mata anaknya mengalir perlahan, dia menceritakan, bahwa dia mengalami banyak masalah, baru selesai satu masalah, tidak disangka masalah yang lain segera datang, begitu seterusnya, hingga dia merasa lelah untuk berjuang.

Ayahnya mendengarkan dengan penuh perhatian apa yang dikatakan oleh putrinya, setelah putrinya selesai bercerita, ayahnya menepuk bahu putrinya dan berkata berkata "Mari nak, ikut ayah!",

Ayahnya nyengajak putrinya ke dapur, dia lalu mengambil panci, mengisinya dengan air, dia kemudian mengambil, sebutir telur, kentang dan sebiji kopi, lalu memasukkannya ke dalam panci. Ayahnya meletakkan panci itu diatas kompor, lalu menyalakannya. 

Anak gadisnya tampak bertanya -tanya  dalam hati, mengenai apa yang dilakukan ayahnya, tapi dia tetap diam diam, mereka berdua memandangi panci itu, tanpa berkata apa -apa. Setelah 20 menit, air dalam panci mulai mendidih, ayahnya mematikan kompor, membuka tutup panci, kemudian satu persatu dia mengeluarkan bahan - bahan yang ada di dalam panci. Pertama dia mengeluarkan kentang, kemudian telor, dan terakhir bijo kopi. Ketiganya ditaruh di piring yang berbeda.

Dia bertanya sambil menunjuk ke piring tersebut " Apa yang kau lihat, nak?" Anaknya mengangkat bahu, tanda tidak mengerti. "Kau tidak melihat apa - apa?" ayahnya bertanya lagi. "Kalau begitu rasakanlah", ayahnya menarik tangan putrinya untuk menyentuh kentang, telur dan biji kopi.  "Kentang itu Lembut, ayah, kemudian telur tetap keras tapi setelah dikupas, didalamnya lembut, sedangkan biji kopi, keras" putrinya menjawab.

Ayahnya kemudian tersenyum " Kentang yang tadinya keras, tetapi setelah dimasukkan ke dalam air mendidih, akan lembut. Telur yang tadinya isinya encer, tapi setelah dimasukkan kedalamn aiar mendidih, maka is akan menjadi lembut, sedangkan biji kopi sebelum dimasukkan atau atau setelah dimasukkan kedalam air mendidih, tekturnya tetap, tetapi dia mengeluarkan aroma kopi yang sangat tajam,Kita bisa menganggap air mendidih sebagai mesalah, setiap orang yang ada di dalamnya menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap masalah itu ", "Tentukan pilihanmu, ingin menjadi, kentang, telur, atau biji kopi"

Pesan Moral :
Banyak hal yang kita alami di dalam hidup ini, masalah sudah pasti. Tetapi hal yang paling penting dari semua itu adalah bagaimana kita bereksi terhadap hal itu, dan menghasilkan sesuatu dari itu. Hidup adalah tentang belajar, mengadopsi, kemudian mengubah setiap perjuangan dari kesulitan dan masalah, menjadi sesuatu yang positif..

Dikutip dari :
http://www.moralstories.org/struggles-of-our-life/


EmoticonEmoticon