Cerita Motivasi - Cara Berfikir yang Berbeda

Ratusan tahun yang lalu, di sebuah kota kecil di Italia. Tersebutlah seorang pedagang, yang memiliki seorang gadis yang cantik dan pandai. Pedagang itu melakukan kesalahan yang fatal, yaitu dia meminjam uang kepada sorang rentenir, karena bunga pinjamannya sangat besar maka utang kepada rentenir itu semakin bulan semakin menumpuk sehingga mustahil bagi dia untuk melunasinya. Suatu ketika , rentenir yang sudah tua itu mendatangi rumah sang pedagang . Rentenir itu berkata " Wahai tuan pedagang, Saya tidak yakin anda akan mampu melunasi hutang - hutang anda kepada saya, karena jumlahnya sangat besar". "Jadi saya akan membebaskan semua hutang -hutangmu yang banyak itu, asalkan kamu mau mengawinkan anak gadismu dengan saya". Katanya sambil menunjukkan senyuman yang menyiratkan kesombongan,

Pedagang  merasa keberatan dengan persyaratan yang diberikan oleh rentenir itu. Ia kemudian memanggil anak gadisnya. "Oh Tuan rentenir, berilah kami sedikit keringanan, saya keberatan dengan persyaratan yang tuan ajukan" kata gadis itu.

"Kalau begitu baiklah aku akan memberimu keringanan",  Rentenir itu mengatakan bahwa dia akan menaruh dua buah batu yang berwarna putih dan hitam ke dalam sebuah tas kosong, Gadis itu akan dipersilakan mengambil sebuah batu yang telah dimasukkan dalam tas.namun dia memberikan tiga kemungkinan :

Jika  dia mengabil batu yang berwarna hitam, maka anak gadis itu harus mau dia nikahi dan hutang ayahnya dianggap lunas,
Jika dia beruntung mengampil batu yang berwarna putih, maka hutang ayahnya akan dianggap lunas, tanpa harus menikah dengan pria yang seorang rentenir itu.
Tetapi, jika si gadis menolak untuk mengambil batu yang ada di tas, maka hal buruk akan terjadi pada ayahnya, yaitu akan dipenjara.

Mereka berdiri di jalan setapak di kebun belakang rumah sang pedagang, dimana terdapat krikil ada yang berwarna puth dan ada yang hitam . Ketika mereka berbicara, rentenir membungkuk untuk mengambil dua kerikil. Saat ia mengambil dua kerikil itu, anak gadis sang pedagang, yang bermata tajam itu melihat bahwa rentenir itu telah meraih dua kerikil dan keduanya berwarna hitam dan memasukkannya ke dalam tas. Dia kemudian meminta gadis itu untuk mengambil sebuah kerikil dari dalam tas.

Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada di posisi gadis itu? Apakah anda akan memengatakan kepada rentenir, bahwa dia telah berlaku curang dengan mengambil dua krikil yang keduanya berwarna hitam?

Gadis itu memasukkan tangannya ke dalam tas dan menarik keluar sebuah kerikill. Namun ketika dia mengeluarkan tangannya dalam posisi menggemgam, ia kemudian berpura – pura dengan tidak sengaja menjatuhkan krikil yang telah dia ambil, dan berbaur dengan kerikil yang ada dibawahnya.

 "Oh, maafkan saya," katanya ketika batu krikil yang diambilnya, jatuh.. "Tapi , jika Anda melihat ke dalam tas, maka anda akan melihat satu krikil yang masih tersisa. Dengan begitu anda pasti tahu krikil warna apa yang telah saya ambil tadi. Karena rentenir itu tidak berani mengakui kecurangannya, maka apa yang dialami gadis itu sungguh menakjubkan, karena dia telah merubah kecurangan, menjadi keuntungan.

Semua masalah memiliki solusi , kadang-kadang kita harus berpikir dengan cara yang berbeda untuk mendapatkanya.


Sumber :
http://www.thelivingtreasure.com/forum/forum/forum_posts.asp?TID=1681


EmoticonEmoticon