Cerita Motivasi - Penjual Pisang

Phillips baru saja meninggalkan kantornya, dia ingat bahwa istrinya menyuruh dia membelikan 1 kg pisang. Dia melihat wanita tua berjualan pisang di seberang jalan. Dia melangkah kesana, Phillips melihat pisang yang dijual disana cukup segar. Dia biasanya membeli pisang di minimarket yang jaraknya agak jauh. Namun karena dia harus buru - buru pulang, dia bermaksud membeli di seberang jalan saja.

Dia menanyakan harga pisangnya kepada wanita tua penjual pisang. Wanita itu mengatakan bahwa harganya 7 dolar, per kilo. Phillips berkata," Saya biasanya membeli di minimarket dekat sini, disana harganya 5 dolar per kilo, bisakah anda menurunkan harganya, minimal samalah". Wanita menjawab "Tidak pak, saya tidak bisa memberi harga sama dengan disana, tapi kalau tuan mau, 6 dolar sudah mentok". Phillips, melangkah meninggalkan pedagang itu dan menuju ke minimarket, dimana dia biasa membeli pisang.

Sesampainya disana, dia langsung mengambil 1 kg pisang dan melangkah menuju kasir. Tetapi dia terkejut, karena kasir mengatakan bahwa harganya adalah 10 dolar per kilo. Phillips berkata, "Saya selalu membeli pisang disini, sebagai langganan bisakah anda memberi saya harga lebih murah?". Menejer yang kebetulan mendengar apa yang disampaikan Phillips kepada kasir, segera menjawab " Maaf pak, disini harganya pas, tidak ada tawar menawar". Phillips merasa tidak nyaman dengan perlakuan orang mini market itu. Dia berpikir sejenak, kemudian menaruh pisang itu di tempatnya lagi, dan meninggalkan minimarket menuju ke penjual pisang di seberang jalan.

Wanita tua sang penjual pisang, mengelainya dan berkata "Saya tidak bisa menandingi harga itu, pak".

Phillips mengatakan " Jangan pkirkan harganya, saya akan membeli pisang itu dengan harga 10 dolar per kilo, sekarang kasi saya 2 kilo" Wanita itu sangat gembira, segera dia mengambilkan 2 kilo pisang untuk Phillips, Wanita itu berkata " Tapi saya tidak bisa menerima 10 dolar per kilo, harganya adalah 7 dolar. saya sangat menghargai kebaikan anda" dia juga mengceritakan bahwa suaminya dulu punya toko buah kecil, tetapi karena suminya sakit, mereka menjual toko itu untuk biaya pengobatan. Namun akhirnya suaminya tidak tertolong. Semeningal suaminya, karena mereka tidak memiliki anak, dia berusaha sendiri mencari nafkah. Air mata menetes di pipi wanita itu.

Phillips, mendengarkan cerita wanita itu dengan penuh perhatian, kemudian berkata " Jangan khawatir, anda adalah orang yang baik, saya akan selalu membeli pisang disini" Phillips mengambil dompet kemudian memberikannya pada wanita itu, sambil berkata " Ambillah ini bu, Besok juallah buah dengan jenis yang lain juga, saya membayar dimuka untuk buah - buah yang akan saya beli disini,  anda akan mendapat keuntungan lebih banyak, jika anda menjual buah dengan banyak pilihan.

Phillips kemudian merekomendasikan kepada seluruh temannya agar membeli buah di tempat wanita itu. Dengan bantuan dari Phillips dan bebrapa pembeli yang lain, akhirnya wanita itu bisa hidup dengan layak.

Pelajaran :
Tidak ada salahnya jika kita ingin berbelaja di supermarket, tetapi jika anda bisa mengikuti pikiran Phillips, ketika dia memutuskan untuk membeli pisang di seberang jalan, mungkin anda akan berubah pikiran. Karena apa yang dilakukan Phillips, adalah bentuk kebaikan kepada orang yang membutuhkan.

Sumber
http://www.moralstories.org/act-kindness-goodwill/


EmoticonEmoticon